Tuesday, June 21, 2016

Jenis usaha kreatif



usaha kreatif
Jenis Usaha Kreatif Yang Bisa Menjadi Referensi
         ada banyak sekali peluang usaha kreatif yang bisa menjadi referensi berikut ini adalah beberapa jenis usaha yang terbilang kreatif namun bisa dilakukan siapapun:

- Memanfaatkan limbah
         Limbah dianggap sampah dan tidak memiliki nilai material. Namun sebagai orang yang berfikir kreatif justru limbah bisa menjadi peluang usaha. Misalnya bonggol jagung. Limbah jagung ini bisa dimanfaatkan untuk dibuat kerajinan tangan yang unik. Telah terbukti ada yang sukses menjalankan bisnis bonggol jagung ini. Dari sekedar bonggol jaggung bisa tercipta barang-barang yang cantik dan bermanfaat seperti kap lampu, pembatas ruangan, lampu hias, dan lain-lain.

- Inovasi dibidang kuliner
         Bisnis kuliner tidak pernah ada habisnya. Maka kita bisa menciptakan peluang dari jenis bisnis ini. Saat ini banyak karyawan yang lebih memilih memesan makanan sehat daripada jajan atau makan di warung makan. Ini bisa menjadi peluang karena saat ini permintaan untuk lunch box atau bento berisi makanan sehat semakin tinggi. Menu diet mayo juga sedang banyak peminatnya.

- Kain perca
         Karena bisnis fashion semakin berkembang, tak jarang banyak kain-kain perca yang terbuang sia-sia. Daripada menjadi sampah, tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan peluang usaha kreatif dari kain tersebut. Kita bisa menciptakan berbagai kreasi unik seperti taplak meja, brooch, dompet untuk tempat hp, boneka, tas, kalung, dan masih banyak lagi. Dengan kombinasi berbagai kain perca maka akan membuat produk lebih terlihat unik.


         Inti dari melakukan usaha adalah mengetahui dua unsur utamanya yakni inovasi dan pemasaran. Kedua hal ini menjadi dua ujung tombak yang bisa menjadi senjata dalam melakukan bisnis. Inovasi yang brilian bisa memberikan peluang kesuksesan yang besar. Ditambah dengan strategi pemasaran yang terencana dengan baik, maka usaha akan bisa sukses dan berkembang.
         Disamping itu, menjalankan bisnis tidak serta merta akan menjadikan kita sukses dalam sekali tembak. Waktu, kerja keras, pengalaman, dan kesabaranlah yang bisa menjawab kesuksesan yang akan diraih. Lagipula yang sukses bukan berarti berhasil dalam satu tembakan tapi bagaimana bisnis yang dijalankan itu bisa menguntungkan dan bertahan dalam waktu yang lama. 

         Ide untuk memulai bisnis tidak akan muncul begitu saja, maka harus dilakukan beberapa hal penting untuk merangsang munculnya ide seperti banyak membaca untuk memperluas wawasan. Lalu peka terhadap situasi dna kondisi disekitar, serta tanamkan karakter dalam diri untuk selalu melakukan kebaikan dengan cara yang terbaik. Dengan begitu, maka ide untuk usaha kreatif bisa muncul dengan cara yang tak terduga.

No comments:

Post a Comment